tRikSonic
Informasi : saat ini anda mengakses blog ini untuk halaman yang di percepat penggunaannya untuk mobile/handphone (AMP) atau akses mobile dengan kecepatan internet yang rendah, mungkin beberapa fitur diblog ini belum tersedia, silahkan ganti Thema untuk mengaktifkan beberapa fitur lainnya. Terimakasih

HTML canvas Tag

Terakhir diperbarui : 28 Mei 2018 - 23.53
HTML canvas Tag - belajar html canvas , element <canvas> mempunyai definisi sebagai kanvas. element <canvas> digunakan untuk membuat grafik atau bitmap, baik berupa teks, gambar, maupun konten 2 dimensi.
Dalam penerapan pada html, element <canvas> hanya berfungsi sebagai tempat atau media, sedangkan hasil yang ditampilkan dieksekusi oleh javascript.

Contoh 1 html element <canvas> :

<canvas id="canvas" width="250" height="100">
 Maaf browser anda tidak support element canvas
</canvas>

<script>
 var canvas=document.getElementById("canvas");
 var canvasku=canvas.getContext("2d");
 canvasku.font="30px Arial"; 
 canvasku.fillStyle="red";   
 var txt="Trik Sonic"
 canvasku.fillText(txt,10,50);
</script>

Contoh 2 html element <canvas> :

<canvas style="background: #080808;" id="canvas2">
 Maaf browser anda tidak support element canvas
</canvas>

<script>
var c = document.getElementById('canvas2'),
    ctx = c.getContext('2d'),
    cw = 150,
    ch = 150;
c.width = cw;
c.height = ch;
var rand = function(a, b) {
    return ~~((Math.random() * (b - a + 1)) + a);
}
var path = [{
            x: cw / 2,
            y: (ch / 2 - 50)
        },
        {
            x: (cw / 2) - 60,
            y: (ch / 2 + 50)
        },
        {
            x: (cw / 2) + 60,
            y: (ch / 2 + 50)
        }
    ],
    particles = [],
    particleCount = 10,
    particleDelayTick = 7,
    particleDelayTickMax = 7,
    hue = rand(0, 360);
var Particle = function(path, speed) {
    this.path = path;
    this.currentPoint = 0;
    this.x = path[0].x;
    this.y = path[0].y;
    this.speed = speed;
}
var createParticles = function() {
    if (particles.length < particleCount) {
        if (particleDelayTick >= particleDelayTickMax) {
            particles.push(new Particle(path, 3));
            particleDelayTick = 0;
        } else {
            particleDelayTick++;
        }
    }
}
var updateParticles = function() {
    var i = particles.length;
    while (i--) {
        var p = particles[i];
        var onLastPoint = (p.currentPoint === p.path.length - 1);
        var nextPoint = (onLastPoint) ? 0 : p.currentPoint + 1;
        var dx = p.path[nextPoint].x - p.x;
        var dy = p.path[nextPoint].y - p.y;
        var dist = Math.sqrt(dx * dx + dy * dy);
        var vx = dx / dist * p.speed;
        var vy = dy / dist * p.speed;

        if (dist > p.speed) {
            p.x += vx;
            p.y += vy;
        } else {
            p.x = p.path[nextPoint].x;
            p.y = p.path[nextPoint].y;
            p.currentPoint = nextPoint;
        }
    }
}

var renderParticles = function() {
    ctx.fillStyle = 'hsla(' + hue + ',50%,10%,1)';
    ctx.strokeStyle = 'hsla(' + hue + ',50%,10%,1)';
    var i = particles.length;
    while (i--) {
        var p = particles[i];
        var i2 = particles.length;
        while (i2--) {
            var p2 = particles[i2];
            if (i != i2) {
                ctx.beginPath();
                ctx.moveTo(p.x, p.y);
                ctx.lineTo(p2.x, p2.y);
                ctx.lineTo(cw / 2, ch / 2);
                ctx.stroke();
            }
        }
    }
}

var eraseIt = function() {
    ctx.globalCompositeOperation = 'destination-out';
    ctx.fillStyle = 'rgba(0, 0, 0, .4)';
    ctx.fillRect(0, 0, cw, ch);
    ctx.globalCompositeOperation = 'lighter';
}
var loopsIDidItAgain = function() {
    eraseIt();
    createParticles();
    updateParticles();
    renderParticles();
    hue = (hue < 360) ? hue + 1 : 0;
}
setInterval(loopsIDidItAgain, 16);
</script>

Attributes :

Atribute html tag <canvas> :
AttributeValueDeskripsi
widthpixelsMenentukan lebar dari canvas
heightpixelsMenentukan tinggi dari canvas

Global Attributes:

Element <canvas> mencakup Global Attributes HTML.

Event Attributes:

Element <canvas> mencakup Event Attributes HTML.

Browser Support :

Desktop

ChromeYa
Safari2
Firefox1.5
Opera9
IE9
EdgeYa

Mobile

Android Webview?
Chrome Android?
Edge MobileYa
Firefox Android4
Opera Android-
iOs Safari1
Samsung Internet?

Default CSS :

Browser yang support dengan element <canvas>, biasanya mempunyai nilai default :
canvas { 
    height: 150px;
    width: 300px;
}

2 komentar

Unknown5/24/2017Balas Komentar ini
mantap infonya gan...

My blog
Adi Jaya5/28/2018
sip bos..
Add New Comment